Mengapa Anjing Tidak Boleh Pakai Shampo Manusia ?

Mengapa Anjing Tidak Boleh Pakai Anjing Manusia?

Ok, mungkin shampoo manusia memang bisa membersihkan tubuh anjing Anda, tapi pertanyaannya adalah apakah shampoo manusia baik untuk anjing Anda? Mungkin ini kedengarannya sepele, namun tahukah bahwa ada konsekuensi yang didapat ketika Anda menggunakan shampoo manusia kepada anjing Anda.

Sekarang kita akan mulai dari perbedaan antara kulit manusia dan kulit anjing. Ada sebuah komponen yang sangat penting pada kulit disebut acid mantle. Ini merupakan lapisan asam tipis yang menutupi kulit dan bertugas sebagai tameng untuk melindungi stratum korneum atau lapisan tanduk (lapisan kulit yang paling luar) dari kontaminasi lingkungan seperti bakteri dan virus. Stratum Korneum bertanggungjawab untuk menjaga tubuh bagian luar terhidrasi dengan baik, dengan cara menyerap air dan mencegah terjadinya penguapan yang berlebihan.

Ketika kita mandi, menggunakan sabun dan shampoo, kita membuang lapisan acid mantle tadi. Inilah mengapa hampir semua shampoo dan sabun manusia diformulasikan dengan pelembab untuk menggantikan lapisan pelindung yang telah dibuang tadi, setidaknya sampai kulit mampu membentuk lapisan itu kembali sekitar 12 jam. Jika Stratum korneum dibiarkan tidak terlindungi, maka hal itu akan membuka kesempatan bagi berbagai microorganisme untuk masuk dan menghasilkan kulit yang kering bersisik, iritasi, mengelupas, atau membentuk ruam benjolan yang gatal.

Acid mantle ini bisa juga diartikan sebagai keseimbangan PH pada kulit. Kisaran skala PH relatif adalah 0 sampai 14, dengan tingkat kurang dari 6.4 dianggap sebagai keasaman tinggi, dan tingkat lebih dari 6.4 dianggap alkalinitas/basa yang tinggi. Kisaran normal tingkat PH untuk manusia adalah 5.2 - 6.2 yang berarti cenderung ke asam, dan shampoo serta produk kulit manusia diformulasikan secara khusus untuk menjaga keseimbangan ini.

Sekarang perhatikan keseimbangan PH relatif pada anjing. Tergantung pada jenis ras, kelamin, iklim dan ukuran anatomi anjing, tingkat PH berkisar dari 5.5 - 7.5 dimana cenderung ke arah basa (berbeda dengan manusia yang cenderung ke asam). Oleh karena itu, jika shampoo yang diformulasikan untuk kulit manusia digunakan pada anjing, maka lapisan pelindung/acid mantle anjing bisa terganggu dan menciptakan kondisi dimana bakteri, parasit, dan virus dapat merajalela. Tanpa sadar, banyak pemilik anjing yang akan mengulang memandikan anjing mereka karena bau yang muncul disebabkan oleh perkembangbiakan bakteri, sehingga membuat masalah semakin parah karena acid mantle/tingkat pH kulit menjadi semakin tidak seimbang. Selain itu, jika shampoo membuat kulit terasa kering, anjing Anda akan menggaruk kulit tersebut, membuat kulit tergores dan memudahkan bagi bakteri untuk menyerang.



Sebaiknya berikan shampoo dengan pH balance yang memang dikhususkan untuk kulit anjing. Shampoo anjing harus berada di kisaran netral, sekitar angka 7. Banyak produsen shampoo yang akan menyertakan level pH pada labelnya, atau setidaknya, ada tertulis bahwa shampoo tersebut memiliki pH balance untuk anjing.


Selain masalah pH, perbedaan shampoo manusia dan shampoo anjing adalah shampoo anjing memiliki beragam shampoo khusus, seperti color-enhancing and whitening shampoos, texturizing shampoos, odor-control shampoos, conditioning shampoos dsbnya. Kebanyakan dari shampoo ini diformulasikan khusus untuk bulu anjing.

Hal lain yang Harus Diperhatikan
Seperti manusia, anjing juga kadang memiliki ketombe. Ketombe pada anjing bisa terjadi karena kulit yang kering, shampoo yang tidak dibilas dengan bersih, diet yang buruk atau kurangnya perawatan/grooming. Shampoo anti ketombe manusia tidak boleh digunakan untuk anjing karena mengandung zinc pyrithione, yang tidak biasa digunakan pada shampo anjing. Shampoo anti ketombe manusia juga mengandung coal tar yang bisa membuat iritasi kulit anjing Anda.

Saat memilih shampoo untuk anjing Anda, sebaiknya pastikan tidak ada pewangi buatan atau pewarna buatan yang ditambahkan dalam shampoo. Carilah pelembab kulit alami seperti Vit E, aloe vera, madu, dan tea tree oil. Pewangi alami seperti Chamomile, lavender, eucalyptus, dan citrus adalah beberapa contoh wewangian yang harum dan beberapa diantaranya bisa juga bekerja ganda sebagai penolak serangga.

Anjing Anda tidak perlu dimandikan shampoo secara rutin. Yang dibutuhkan anjing Anda adalah mandi yang bersih (dengan shampoo) setiap beberapa bulan sekali. Karena itu mengingat rentang jadwal mandi yang lumayan lama, rasanya worth it jika Anda menginvestasikan untuk membeli shampoo yang berkualitas bagi anjing Anda.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Anjing Ras Kecil

Penilaian Dalam Dog Show

Jenis Jenis Kutu pada Anjing dan Cara Membasminya