Jenis Makanan yang Berbahaya Bagi Anjing


 Tahukah kalian bahwa ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan Anjing? Seperti berikut ini :

1. Coklat
Coklat mengandung kafein dan theobromine yang termasuk ke dalam kategori methylxanthines. Pernahkah Toppers mendengar “the darker the chocolate, the more dangerous” ? Kata-kata tersebut ada benarnya karena coklat putih mengandung lebih sedikit methylxanthines, yang artinya lebih mengandung sedikit racun. Ketika dimakan oleh anjing, coklat dapat mengakibatkan muntah-muntah, dehidrasi, sakit perut, agitasi parah, tremor otot, irama jantung yang tidak teratur, suhu tubuh tinggi, kejang, dan kematian.
2. Susu Sapi
Susu sapi mengandung gula susu dimana anjing tidak memiliki enzim untuk mengurainya. Konsumsi susu sapi dapat menyebabkan anjing tersebut muntah, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Meskipun tidak mengancam jiwa anjing tersebut secara langsung, susu sapi dapat berkontribusi terhadap paparan bakteri serius pada anjing yang akhirnya dapat menyebabkan penyakit.
3. Keju
Sama seperti susu sapi, keju mengandung gula dan lemak dimana anjing tidak memiliki enzim untuk mengurainya. Keju dan produk susu lainnya, dapat menyebabkan masalah jika dikonsumsi berlebihan. Gejala seperti gas, diare, dan muntah semua bisa terjadi jika anjing makan terlalu banyak keju.
4. Bawang
Bawang mengandung senyawa yang dapat berbahaya bagi anjing. Bawang dapat merusak sel-sel darah merah pada anjing yang menyebabkan mereka menjadi lebih lemah dan malas bergerak. Jika terlalu banyak bawang yang dikonsumsi, maka transfusi darah mungkin diperlukan untuk anjing tersebut.
5. Kacang Macadamia
Belum diketahui kandungan kimia tertentu yang terkandung di dalam kacang macadamia saat ini, namun kacang macadamia diketahui menyebabkan reaksi beracun untuk anjing. Kacang macadamia dapat menyebabkan anjing mengalami kelemahan dan kelumpuhan, khususnya di kaki belakang mereka. Selain itu, kacang macadamia juga dapat menyebabkan anjing kamu muntah, depresi, tremor, dan hipotermia.
6. Bawang Putih
Sama seperti coklat, semakin kuat citarasa bawang putih tersebut, semakin beracun pula. Bawang putih termasuk ke dalam keluarga bawang, bahkan lebih beracun untuk anjing dibandingkan bawang yang lainnya. Bawang putih mengandung senyawa yang sangat kuat yang sangat beracun bagi anjing. Walaupun efek konsumsi bawang putih pada sel-sel darah merah tidak akan muncul selama beberapa hari pada anjing, namun mereka akan menjadi cepat lelah dan enggan untuk bergerak. Warna urin anjing akan menjadi oranye hingga merah gelap. Sama seperti dengan bawang, transfusi darah mungkin diperlukan pada kasus yang berat.
7. Anggur
Sementara ini belum diketahui kandungan kimia dan senyawa apa saja yang terdapat di dalam anggur yang beracun bagi anjing, namun ditemukan beberapa kasus bahwa anggur memiliki efek negatif yang cukup parah. Anggur dan kismis dapat menyebabkan gagal ginjal. Gejala yang muncul bervariasi, dan ada kemungkinan tidak muncul gejala apapun. Selain gagal ginjal, anjing juga dapat muntah atau diare dengan keadaan lesu dan lemas. Anggur dan kismis juga dapat menyebabkan dehidrasi dan mengurangi nafsu makan. Kematian akibat gagal ginjal pada anjing ini dapat terjadi dalam waktu tiga sampai empat hari.
     
8. Alpukat
Buah, daun, biji, serta kulit alpukat mengandung racun bernama persin. Alpukat dapat memiliki efek racun pada anjing tergantung pada varietas. Mereka dapat menyebabkan sakit perut, kesulitan bernafas, dan penumpukan cairan di dada. Tetapi hal yang paling berbahaya bagi anjing adalah biji alpukat. Tekstur biji alpukat yang licin membuatnya rentan tertelan oleh anjing, yang menyebabkan obstruksi pada saluran pencernaan.
9. Bagian Tengah Apel
Bagian tengah dari sebuah apel (serta plum, persik, pir, dan aprikot) mengandung cyanogenic glycosides yang juga dikenal sebagai sianida. Beberapa gejala yang berasal dari menelan racun apel oleh anjing adalah pusing, kesulitan untuk bernafas, kejang, pingsan, hiperventilasi, shock, dan bahkan koma.

10. Adonan Tepung Ragi
Adonan ragi mentah dari pembuatan roti dapat berfermentasi di dalam perut anjing dan menjadi beracun. Selain kandungan racun dari alkohol yang diproduksi di perut, adonan ragi juga dapat mengembang di dalam perut anjing kamu dan dapat menciptakan banyak gas dalam sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan sakit parah dan berpotensi merusak saluran usus anjing. Selain itu, anjing juga dapat muntah-muntah, perut tidak nyaman, dan lemas.
11. Kafein
Kafein yang terdapat di dalam kopi mengandung stimulan yang dikenal dengan nama methylated xanthine. Stimulan tersebut dapat merangsang sistem saraf pada anjing, menyebabkan muntah, gelisah, jantung berdebar, dan bahkan kematian.
12. Bacon
Makanan yang kaya lemak, seperti bacon, dapat menyebabkan penyakit pankreatitis pada anjing. Pankreas mereka menjadi meradang dan tidak berfungsi seperti yang seharusnya. Hal ini menyebabkan segala macam masalah dengan pencernaan dan penyerapan nutrisi.


Comments

Popular posts from this blog

Anjing Ras Kecil

Penilaian Dalam Dog Show

Jenis Jenis Kutu pada Anjing dan Cara Membasminya