Tips Menyikat dan Memandikan Anjing yang Benar


Tips Menyikat Anjing
• Periksa kutu saat kalian menyikat anjing
Kalian mungkin akan mendapati seekor kutu atau mahkluk kecil berbentuk seperti bintik hitam

• Tentukan seberapa sering kalian perlu menyikat anjing kalian.
Kebanyakan anjing berbulu tipis harus di sikat perminggu, sedangkan anjing dengan bulu lebat harus di sikat tiap hari.

• Perhatikan sikat untuk anjing berbulu halus dan pendek
Gunakan sikat karet, lalu sikat bulu yang kaku (bisa menggunakan sikat gigi), lalu poles dengan kain yang agak kasar, seperti kain kulit.

• Perhatikan sikat untuk anjing berbulu pendek tetapi padat volumenya (tebal)
Gunakan sikat apik untuk menghilangkan kusut, diikuti dengan sikat bulu.

• Perhatikan sikat untuk anjing berbulu panjang
Gunakan sikat yang licin dan panjang untuk menghilangkan kusut. Pastikan kalian menyikat anjing dengan halus dan pelan-pelan. Kemudian lanjutkan dengan sikat bulu untuk membuatnya terlihat berkilau.

• Jangan lupakan ekor dan kaki
Jangan melewatkan untuk menyikat bagian ekor dan kaki anjing. Terutama untuk anjing dengan bulu yang panjang.


Tips Memandikan Anjing

• Tentukan seberapa sering  kalian perlu memandikan anjing kalian
Bergantung pada cuaca dan aktivitas yang di lakukan anjing kalian, kalian mungkin perlu memandikan anjing kalian setiap satu minggu sampai dengan tiga minggu.

• Gunakan sampo anjing
Ingat bahwa kulit anjing berbeda dengan manusia, jadi pastikan kalian memilih sampo yang tepat untuk perawatan memandikan anjing kalian agar terhindar dari iritasi.

• Mulailah dengan menyikat gigi
Ini akan membuat proses perawatan dalam hal memandikan anjing lebih mudah dan lebih efektif. Gunakan sikat gigi yang halus agar gusi anjing kalian tidak sakit.

• Gunakan keset kamar mandi / matras / tikar
Jika kalian memandikan anak anjing ddengan bak mandi, letakkan keset / tikar / alas pada bagian dasar bak mandi. Hal ini untuk membantu anak anjing kalian agar tidak tergelincir / terpeleset.

• Gunakan air hangat
Saat memandikan anjing, gunakanlah air hangat. Pastikan airnya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Dan jangan memasukkan anjing pada air yang dalam. Perawatan ini merupakan kegiatan yang cukup mudah.

• Jangan menyemprotkan air langsung ke hidung, mata, atau telinga
Dalam perawatan anjing, keselamatanlah yang paling utama. Gunakanlah gelas kecil atau semprotan tanaman kecil) dalam memandikan anjing. Kalian bisa menggunakan gelas kecil  untuk memandikan anjing sebagai pengganti gayung

• Bilas sampai bersih saat memandikan anjing
Salah satu kesalahan perawatan yang paling umum adalah tidak menghilangkan semua sampo dengan benar pada saat memandikan, hal ini malah akan mengotori anjing kaliann
Periksa telinga anjing
Saat perawatan menyikat atau memandikan anjing, Apakah kalian memperhatikan adanya bau busuk atau partikel kecil pada anjing kalian? Jika ada, konsultasikan dengan dokter hewan anjing kalian

• Gunakan tingkat kepanasan yang rendah jika kalian mengeringkan anjing kalian dengan mesin/alat pengering.
Setelah memandikan anjing kalian, pengering bisa menjadi cara yang efektif untuk menjaga agar anjing kalian tidak membuat segala sesuatu di rumah kalian menjadi basah, tapi berhati-hatilah, pastikan pengering tidak sampai membakar anak anjing kalian. Kalian dapat menjagannya agar tetap aman dengan cara tidak mengarahkan langsung alat penegering ke anjing kalian, tetapi arahkan sedikit ke samping.

• Cobalah mainan mandi
Jika anjing kalian sangat berisik dan terlalu bahagia saat kalian memandikan anjing kalian, kalian bisa menggunakan mainan mandi untuk mengalihkan perhatian anjing.

Demikian tips perawatan dalam menyikat dan memandikan anjing. Tips di atas merupakan tips yang relatif mudah untuk di eksekusi oleh kalian para pemelihara anjing. Semoga tips perawatan ini dapat membantu kalian dalam menyikat dan memandikan anjing ya! Kunjungi terus blog ini untuk informasi-informasi menarik seputar binatang. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini ke para dog lovers ! Terima Kasih sudah membaca!

Comments

Popular posts from this blog

Anjing Ras Kecil

Penilaian Dalam Dog Show

Jenis Jenis Kutu pada Anjing dan Cara Membasminya